HASIL LAPORAN OBSERVASI PERUBAHAN SOSIAL

berdasarkan hasil laporan observasi mengenai perubahan sosial  zaman dahulu dan zaman sekarang yaitu zaman modern.hasil observasi kami lakukan didesa Kedung kecamatan pancur kabupaten rembang .hasil observasi ini mencakup tiga aspek yaitu perubahan bentuk rumah dari zaman dulu dan sekarang, perabotan rumah tangga dari zaman dulu dan sekarang dan fashion zaman dulu dan sekarang .
zaman sekarang untuk menemukan benda benda zaman dulu sangat sulit, apalagi arsitektur rumah zaman dahulu sangat jarang ditemukan.

berikut ini macam macam contoh hasil laporan yang kami dapatkan yang dipotret oleh berbeda orang:

1. Perbedaan Arsitektur rumah dari zaman dahulu ke zaman sekarang
•model rumah zaman dulu 
   (16 September 2023,Di potret oleh Nofita          sari).Rumah dorokepak diatas milik ibu Sumari yang beralamat didesa Kedung RT 02/RW 01 kecamatan pancur kabupaten rembang.

Rumah ini adalah rumah model kuno yang disangga oleh 4 tiang kayu,temboknya pun masih menggunakan batu bata setengah kayu dihiasi dengan tempat duduk yang dibuat dari kayu,alasnya pun masih tanah yang dilapisi oleh semen.penyangga rumah ini pun dari kayu jati. 

setelah dari rumah ibu Sumari kami mencari rumah yang ber desain modern untuk analisis selanjutnya,kami menemukan rumah ibu musyarofah yang terletak di samping rumah ibu Sumari.

•Model rumah zaman sekarang
(16 September 2023, dipotret oleh Nila Nihayatul Husna).Rumah Limasan bawahan tembok diatas milik ibu musyarofah yang beralamat didesa Kedung RT 02/ RW 01 kecamatan pancur kabupaten Rembang.

Rumah ini adalah salah satu bentuk rumah dijaman sekarang,dijaman sekarang banyak rumah dengan bentukan unik yang dibuat sebagus mungkin,untuk mencari rumah dengan modelan jaman dahulu sangat lah susah apalagi yang terbuat dari kayu . kedua penyangga rumah ini pun tidak terbuat dari kayu melainkan batu bata dan alasnya pun sudah tidak menggunakan tanah melainkan granit keramik.rumah diatas dibuat dengan batu bata tidak menggunakan kayu sama sekali kecuali tempat penutup rumah nya terbuat dari kayu jati.didepan rumahnya pun dihiasi dengan berbagai jenis bunga.

2.Perbedaan bentukan perabotan rumah tangga dari zaman dahulu ke zaman sekarang.

•Berikut ini adalah bentuk perabot rumah jaman dulu:

1)kuali(belanga)(16 September 2023,dipotret oleh Yoseva Hera Iswandari).
Prabotan zaman dahulu (kuali)diatas milik mbh sopiah yang beralamatdi Desa. kedung rt2rw1 kecamatan pancur kabupaten Rembang.

     Kuali(Belanga) merupakan salah satu peralatan dapur tradisional yang bahan bakunya berasal dari tanah liat. Bentuknya bundar dengan mulut besar, antara bagian atas dan bawah sama besar kadang di desain dengan dua kuping sebagai pegangan ataupun tanpa pegangan dibagaian atasnya. 
 
Belanga digunakan sebagai tempat untuk memasak sayur, merebus singkong dan hasil bumi lainnya ataupun juga merebus air. Belanga dibuat dengan berbagai ukuran dari yang besar, sedang dan ukuran kecil sesuai kebutuhan pemakainya. Belanga dapat diperoleh di beberapa pasar tradisional.

2) Gentong
(16 September 2023, dipotret oleh Nila Nihayatul Husna). Gentong diatas milik ibu musyarofah yang beralamat di desa Kedung RT 02/RW 01 kecamatan pancur kabupaten Rembang.

Gentong merupakan salah satu perabotan rumah tangga yang terbuat dari tanah liat.bentuk nya yang besar dengan dalamnya yang lebar untuk wadah air,gentong ini sampai sekarang pun masih digunakan untuk tempat air karena tempat nya yang besar.

3) Sumur 
(16 September 2023,dipotret oleh Nofita sari. Sumur diatas milik mbh Kasminah yang beralamat di Desa.kedung rt1/rw2 dukuh karanganyar kecamatan pancur kabupaten Rembang.

sumur merupakan tempat untuk menampung air yang dibuat dengan cara di bor dengan kedalaman 2,5 m sampai 3 m. sumur merupakan sumber mata air yang bersih yang dapat digunakan bagi manusia. dulu untuk mengambil airnya pun harus menimba dengan baskom air yang dikasih tali.untuk menemukan nya pun sekarang sudah jarang karena sudah ada alat yang lebih praktis yaitu Sanyo air.

4) cobek 
(16 September 2023, dipotret oleh Yoseva Hera Iswandari).Prabotan zaman dahulu(cobek) diatas milik Bu rukayah yang beralamat di Desa. kedung RT 02/RW 01 kecamatan pancur kabupaten Rembang.

perubahan sosial dalam memasak salah satunya adalah ulek-ulek jaman dulu sama blender jaman sekarang. 
Kini cobek dan ulekan identik sebagai alat masak untuk menghaluskan bumbu dan bahan, tapi sebenarnya dahulu cobek bukan hanya dijadikan alat penumbuk makanan. Bukan hanya di Indonesia, alat penumbuk ini digunakan oleh manusia kuno.
Meskipun bentuknya sederhana tapi tidak mudah membuat atau mencari cobek dan ulekan yang berkualitas. Cobek yang asli yakni terbuat dari batu asli yang permukaannya dihaluskan secara perlahan. Namun sayangnya, untuk menekan biaya produsen kerap membuat cobek dengan bahan semen.

5)Radio
(16 September 2023, dipotret oleh Nofita sari). Radio diatas milik mbh wakilah yang beralamat di Desa kedung RT.2/RW1 kecamatan pancur kabupaten Rembang.

Radio adalah salah satu jenis media massa satu arah yang berperan untuk menyampaikan pesan (berita, informasi dan hiburan) kepada masyarakat dengan jangkauan luas. Radio telah menjalani proses perkembangan yang cukup lama sebelum menjadi media komunikasi massa seperti saat ini.Diantara media yang ada seperti televisi dan media cetak, radio memiliki beberapa keunggulan dimana dapat diakses secara mudah, tidak diperlukan ketrampilan khusus dari khalayak yang ingin dituju seperti ketrampilan membaca karena radio merupakan media imajinatif. Selain itu masyarakat dapat mendapatkan informasi dengan cepat dari radio dengan biaya murah. Keunggulan lain dari radio adalah sifatnya yang santai, karena sifatnya auditori (untuk didengarkan), lebih mudah orang menyampaikan pesan dalam bentuk acara yang menarik.

6)piring zaman dahulu
(16 September 2023, Dipotret oleh Diva Rahmadhani).piring makan seng diatas milik mbah suharseh yang beralamat Desa Ringin Rt/Rw 01/03 Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang.

Piring adalah alat makan yang berbentuk datar dan juga ada yang sedikit cekung.Piring seng diatas merupakan piring jadul yang di gunakan orang-orang dulu sebelum mereka menggunakan piring makan keramik ataupun piring makan model lainnya yang jaman sekarang.Piring seng tersebut mempunyai motif bunga.Piring seng tersebut jarang orang yang punya karena itu adalah piring jaman dulu sebelum ada piring-piring jaman sekarang .Piring terbuat dari kaca,rotan, porselen,batu, plastik,logam,tanah liat dan kadang-kadang kayu juga digunakan.

•Berikut ini adalah bentuk perabot rumah tangga jaman sekarang.

1) Magic com
(16 September 2023 , Dipotret oleh Diva Rahmadani).Magic com di atas milik mbah suharseh yang beralamat Desa Ringin Rt/Rw 01/03 Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang.

Magic com adalah inovasi paling canggih dari alat penanak nasi. Magic com mampu menanak sekaligus menghangatkan. Magic com memiliki fitur mulai dari cooking, keep warm, sampai mengukus dengan berbagai tingkat panas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.Tak cuma nasi, magic com juga dapat digunakan untuk memasak lauk dan sayur, mengukus, merebus, hingga ada yang dapat digunakan untuk membuat kue.

2)Ember plastik 
(16 September 2023, Dipotret oleh Yoseva Hera Iswandari). Ember plastik diatas milik ibu rukayah yang beralamatdi Desa. kedung RT 02 /RW 01 kecamatan pancur kabupaten Rembang
         
            Ember merupakan benda yang dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Pada umumnya, ember yang digunakan terbuat dari plastik. Hal ini disebabkan oleh sifat-sifat yang dimiliki oleh plastik, yaitu tidak mudah ditembus air (kedap air), bersifat isolator (tidak dapat menghantarkan panas dan listrik), tidak mudah pecah, ringan, tahan karat, dan kuat. Sifat-sifat itulah yang menjadi faktor penentu penggunaan plastik sebagai bahan dasar pembuatan ember. Selain itu, harga plastik yang murah dan terjangkau merupakan salah satu faktor penentu harga jual ember dan menjadikan daya tarik untuk dibeli oleh konsumen, mengingat ember adalah benda yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk tempat cuci baju maupun piring, penampung air, dan lain-lain.
            Adapun fungsi dari ember tersebut, adalah untuk menimba air dari sumur agar bisa dituang kedalam tong, memindahkan air yang terdapat dari keran ataupun penampungan air, agar tetap berada di dalam tong dan juga lubang air.

3)Sanyo /kran air
(16 September 2023, dipotret oleh Nila Nihayatul Husna).Sanyo/kran air diatas milik ibu musyarofah yang beralamat di desa Kedung RT 02/RW 01 kecamatan pancur kabupaten Rembang.

Sanyo/kran air ini adalah alat yang sekarang lebih banyak digunakan oleh orang untuk mengambil air dengan praktis dan tidak membuang tenaga, sekarang orang lebih memilih menggunakan Sanyo ketimbang menimbang air sendiri.

4)Blender
(16 September 2023, dipotret oleh Nila Nihayatul Husna).Blender diatas milik ibu musyarofah yang beralamat di desa Kedung RT 02 RW 01 kecamatan pancur kabupaten Rembang.

Blender adalah salah satu alat untuk menghaluskan makanan atau bahkan bumbu yang digunakan untuk masak,karena dengan menggunakan blender tidak perlu membuang tenaga untuk menghaluskan bumbu masakan, tapi ada juga yang  masih menggunakan cobek untuk menghaluskan bumbu.

5) Tv digital
(16 September 2023, dipotret oleh Nila Nihayatul Husna),Tv Digital diatas milik Bu. Musyarofah yang beralamat di Desa. Kedung RT 02/ RW 01 kecamatan pancur kabupaten Rembang.

Televisi merupakan salah satu alat media yang kegunaannya adalah sebagai sarana komunikasi massa. Televisi tentunya berbeda dengan radio karena bisa memberikan tampilan yang berupa audio, visual, dan berbagai jenis program terbaru saat ini.televisi merupakan alat penangkap siaran bergambar berupa audio visual dengan penyiaran videonya secara broadcasting.televisi merupakan media pandang sekaligus sebagai media pendengar, yang mana orang bukan hanya memandang gambar yang sedang ditayangkan televisi, namun sekaligus bisa mendengar atau bisa mencerna narasi dari gambar tersebut.

6) piring zaman sekarang

(16 September 2023, Dipotret oleh Diva Rahmadhani)piring makan keramik diatas milik mbah suharseh yang beralamat Desa Ringin Rt/Rw 01/03 Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang.

 Piring makan keramik ber motif bunga.Piring Keramik merupakan salah satu solusi yang simpel dan mudah untuk membuat hidangan terlihat lebih menggugah selera. Tak hanya untuk mempercantik penampilan makanan, Piring Keramik juga tahan panas sehingga bisa kamu gunakan pada microwave.

orang zaman dulu bahkan sampai sekarang biasanya menggunakan daun pisang untuk makan atau bahkan daun jati biasanya pada waktu ada acara khajatan atau acara lainnya.

3.Perbedaan Baju zaman dulu dan baju zaman sekarang.
•Baju zaman dulu
(16 September 2023, dipotret oleh Nofita Sari) Baju zaman dahulu diatas milik mbah wakilah yang beralamat di Desa Kedung Rt02/Rw01 Kecamatan Pancur Kabupaten Rembang.

Siang itu kami mencari nenek nenek yang masih menggunakan busana zaman dahulu yang dikenakan sampai sekarang. Sangat sulit untuk mencarinya akhirnya, kami menemukan Mbah wakilah yang sedang duduk di depan rumah.

Keriput di kulitnya sudah membentuk ulir-ulir likat, rambutnya nyaris putih sempurna. Badan tuanya terlihat ringkih, tapi saat bercerita ia terlihat lincah dan kuat. Hanya pendengarannya sedikit berkurang, Dengan model baju yang dikenakan Mbah wakilah Terdapat motif bunga dengan warna dasar oreng yang melambangkan kesederhanaan dengan jarik yang bermotif batik bunga yang berwarna dasar terang yang menambah keanggunan, kelembutan dan keteguhan perempuan Indonesia.

•baju model sekarang
(16 September 2023, Dipotret oleh Diva Rahmadhani).Baju zaman modern di atas milik yoseva Hera Iswandari di alun-alun Rembang Kabupaten Rembang.

Gambar diatas merupakan contoh gambar dari fashion Korean style yang ber motif bunga-bunga. baju Korean style sangat di minati oleh anak-anak muda jaman sekarang tidak hanya anak muda yang menggunakan pakaian Korean style seperti itu terkadang ibu-ibu juga sering kita jumpai juga menggunakan pakaian seperti itu. Sekarang jarang anak muda yang menggunakan pakaian zaman dahulu yang di gunakan orang tua zaman dulu.Busana zaman sekarang mempunyai bahan yang lebih halus dan memiliki motif warna-warnai dan mempunyai harga yang cukup mahal.


sekian hasil observasi yang dilakukan,untuk kekurangan analisis yang dilakukan mohon untuk dimaklumi,saya dan kelompok saya mengucapkan terimakasih karena telah membaca artikel hasil observasi yang dilakukan oleh kelompok kami.



Anggota kelompok
1.Nila Nihayatul Husna
2.Nofita Sari
3.Diva Rahmadhani
4.Yoseva Hera Iswandari 



Postingan populer dari blog ini

Kenangan didesa Balong mulyo

Nila Nihayatul Husna ( X IPS 3/023)